Jumat, 22 November 2013

Saya suka menulis, hanya saja.........................


My dear blog....


Kalau banyak yang bilang bahwa menulis itu mudah. Itu tidak salah.
Kalau banyak yang bilang bahwa menulis itu menyenangkan, saya sepakat dengan itu.
Dan kalau banyak yang bilang bahwa menulis itu tak pernah semudah membaca, saya tak menyangkal hal itu.

Sepertinya kemampuan saya dalam menulis masih tidak lebih baik dari kemampuan saya berbicara.
dan tak mudah rasanya menuliskan apa yang ingin saya ceritakan. Tak pernah semudah mengatakannya.
Terutama saat harus menemukan kalimat demi kalimat yang cukup dapat mewakili rangkaian kata-kata yang terlalu panjang jika dituliskan semua.

Untuk membuat sebuah tulisan yang singkat, tidak bertele-tele namun mudah dimengerti, padat arti dan penuh makna itu ternyata tidak gampang (tentunya bagi penulis amatir seperti saya). 
Butuh keahlian dalam tata bahasa, berjiwa seni, dan punya pengetahuan tentang kesusastraan yang cukup memadai. Agar tulisan kita dapat memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar (mohon koreksi jika pendapat saya ini salah)

Bagi saya, menulis memang tak pernah semudah membaca. Karna itulah saya selalu salut kepada mereka yang mempunyai kemampuan dan keahlian yang baik dibidang tulis menulis, membuatku bangga sekaligus iri terhadap mereka.

Dan sebelum tulisan-tulisan saya yang ala kadarnya ini dikritik oleh orang lain, maka biarkan saya sendiri yang jadi orang pertama yang berceloteh memberi komentar-komentar terhadap kekurangan-kekurangan tulisan saya selama ini, diantaranya :

1. saya masih belum bisa menuliskan cerita yang ingin saya curhatkan dengan singkat namun cukup jelas dan menarik untuk dibaca.
2. saya masih belum mampu menemukan pilihan kata yang lebih tepat dan lebih cocok
3. saya masih belum mempunyai kata ganti yang pasti dan tetap antara "aku" ataukah "saya" sebagai kata ganti dari "penulis"
4. tulisan-tulisan saya masih terlalu bertele-tele, karna banyak hal yang tidak cukup penting malah justru jadi yang terlalu banyak dituliskan, jadi terlihat lebay.
5. penggunaan tanda baca seperti titik dan koma dan penggunaan huruf kapital masih banyak yang tidak pada tempatnya
6. tata bahasa dan tata letak masih berantakan.
7. masih banyak kata-kata yang klise dan berulang disetiap kalimat, sehingga terkesan membosankan.
8. belum mampu menyuguhkan sebuah tulisan yang memang penting untuk dibaca, karna isi tulisan lebih banyak berupa curhatan pribadi.
9. alur cerita masih belum jelas
10. masih belum nampak ciri khas dari tulisan-tulisannya. 
11. ...........................
12..............................
13..............................


Mohon saran dan kritiknya agar kedepannya bisa lebih baik lagi tulisan-tulisan saya, sehingga menjadi sebuah tulisan yang cukup "layak baca", setidaknya bagi diri saya sendiri sebagai pembaca.

Meski belum mampu mencapai standar penulisan yang baik, namun hal itu tidak boleh menyurutkan hasrat saya untuk tetap menulis. Karna saya menikmati prosesnya. Proses belajar, belajar dan terus belajar menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...